ADF.LY

Senin, 17 Agustus 2009

Kecerdasaan Anak

Tumbuh Kembang kecerdasaan anak bukanlah mutlak dari hasil "cloning" keturunan melainkan dapat diasah dan dibentuk dari dalam diri anak atau dari hasil didikan orang tua. Disini akan dipaparkan beberapa faktor yang mendukung kecerdasan anak tersebut:

1. Motivasi
Motivasi adalah dorongan psikologis yang mengarahkan seseorang ke arah suatu tujuan atau dengan kata lain motivasi adalah (driving force) suatu dorongan yang muncul agar mau melaksanakan sesuatu. Motivasi membuat keadaan dalam diri individu muncul, terarah, dan mempertahankan perilaku bagaimana cara orang tua menyemangati anak agar mereka mau belajar tanpa adanya "doktrin pemaksaan" dan "perintah", karena tanpa hal tersebut maka anak akan menjadi pribadi mudah menyerah dan putus asa sehingga anak menjadi kurang memahami serta mandiri untuk memahami belajar adalah merupakan suatu kebutuhan untuk dirinya pribadi.

2. IQ (intelectual Quotient)
Adalah kemampuan seorang anak untuk belajar menggunakan kecerdasan dan harmonisasi otak kiri dan kanannya untuk dapat menerima, merekam, dan memahami apa yang anak terima baik itu dari segi akademisi pendidikan dan psikologis, mencakup pengukuran pengetahuan, kemampuan, sikap, dan sifat kepribadian. Setiap anak mempunyai IQ yang berbeda tergantung dari latihan-latihan dan kemampuan otak nya untuk menyerap sesuatu hal yang dianggap suatu pelajaran yang masuk ke dalam siklus cara berpikirnya.

3. EQ (Emotional Quotient)
Adalah kemampuan anak mengungkapkan sesuatu yang berhubungan dengan keadaan mental dan fisiologis yang berhubungan dengan beragam perasaan, pikiran, dan perilaku serta pengalaman yang bersifat subjektif, atau dialami berdasarkan sudut pandang pribadi anak tersebut atau kemampuan seorang anak untuk mengusai dirinya sendiri dan dapat mengendalikan emosi sehingga memiliki kemampuan untuk bersosialisasi dan berkomunikasi dengan baik kepada orang lain dan lingkungannya.

4. Kecerdasan visual
Adalah istilah umum yang digunakan untuk menjelaskan sifat pikiran yang mencakup sejumlah kemampuan, seperti kemampuan menalar, merencanakan, memecahkan masalah, berpikir abstrak, memahami gagasan, menggunakan bahasa, dan belajar secara nyata (realistis). Kecerdasan erat kaitannya dengan kemampuan kognitif yang dimiliki oleh individu. kemampuan seorang anak untuk menuangkan apa yang ada dalam pikirannya kedalam bentuk kreatifitas, misal: Menggambar, mewarnai

5. Faktor lingkungan
Adalah suatu tatanan kesatuan secara utuh dan menyeluruh antara segenap unsur yang saling mempengaruhi.Karena lingkungan yang baik dan positif baik itu dirumah, sekolah, dan dunia bermainnya dapat memberikan pengaruh terhadap kepribadian dan perilaku anak untuk membantu mereka mengembangkan kecerdasannya.

6. Kecerdasan berkomunikasi
Adalah kemampuan proses penyampaian informasi (pesan, ide, gagasan) dari satu pihak kepada pihak lain agar terjadi saling mempengaruhi.Jadi dari sini dimaksudkan untuk melatih anak dengan baik agar dapat membuat anak belajar dan berani dalam menuangkan pikiran dan gagasanya dalam bentuk kata-kata sehingga dapat melatih anak memiliki kepercayaan diri bila bicara di depan umum. Orangtua dapat memberikan contoh dengan berbicara yang baik dan sopan kepada anak.dan yang tidak kalah pentingnya cermin tingkah laku, bicara dan sesautu hal yang buruk jangan sampai ter"expose" anak secara langsung ( dalam hal negatifnya) karena kecenderungan anak adalah untuk menirui hal baru yang mereka belum pahami.

7. Makanan bergizi
Adalah nutrisi dan vitamin guna meningkatkan daya tumbuh kembang dan kesehatan anak. Orang tua yang memberikan anak gizi yang baik dengan memenuhi makanan 4 sehat 5 sempurna tentu bertujuan agar anak memiliki tubuh yang kuat,sehat dan perkembangan otak yang sempurna sehingga anak menjadi pintar dan cerdas.

8. Membaca dan Mendengar
Adalah suatu cara untuk mendapatkan informasi dari sesuatu yang ditulis. Membaca melibatkan pengenalan simbol yang menyusun sebuah bahasa. Membaca dan mendengar adalah 2 cara paling umum untuk mendapatkan informasi. Informasi yang didapat dari membaca dapat termasuk hiburan, khususnya saat membaca cerita fiksi atau humor. Memberikan anak buku-buku yang bermanfaat dapat menambah pengetahuan dan wawasannya dan juga melatih anak senang membaca.
Dengan harapan bila dalam membaca akan timbul rasa dan melatih memahami dan mendalami yang tentunya akan berhubungan dengan mendengar agar menjadi pribadi yang tangguh dalam menerima masukkan untuk kecerdasan pribadi anak tersebut

9. Kemampuan bersosialisasi
Adalah kemampuan untuk memasyarakat dalam ranah lingkungan anak dan teman sepermainan khususnya. Jangan terlalu "mendoktrin" agar anak sedikit untuk waktu bermain, karena dengan bergaul dengan teman-temannya anak melatih kemampuan mereka untuk berinteraksi dan memberikan nuansa baru dengan orang lain sehingga mendapat mendukung keberhasilannya di masa depan.Karena inti dari dunia anak-anak ialah "dunia bermain" mereka untuk mengembangkan imajinasi dan fakta yang ada. Dan selalu waspada akan "dunia bermain" anak-anak.. (think smart mode on).

10. Kecerdasan Perilaku
Adalah Kemampuaan seorang anak untuk dapat mengendalikan dan mengembangkan sesuatu yang ada pada diri (dengan cara dan sudut pandang anak) mereka baik hal yang diajarkan untuk berperilaku yang baik dan sopan. Dengan harapan agar anak dapat melatih rasa dan sifat menghormati dan menghargai orang lain sehingga anak menjadi pribadi yang menyenangkan, mengerti tata krama untuk orang-orang disekitarnya.

Selain semua itu dukungan dan perhatian dari orang tua adalah faktor yang sangat penting dalam membentuk kecerdasan anak,karena setiap apa yang kita lakukan dan yang kita omongkan akan menjadi suatu referensi dan catatan memori yang kuat untuk anak kita nantinya. Jadi kembangkan kecerdasan anak dari berbagai cara yang positif dan memdidik hanya untuk keberhasilan anak dimasa depan yang lebih baik. >

Tidak ada komentar:

Posting Komentar