ADF.LY

Kamis, 25 Maret 2010

Dari Acara Bobo Fair di JCC dan Jakarta Bookfair di Istora : Bijak Mengatur Prioritas

Bukan mau bilang Bobo Fair ngga bagus, beberapa stand menawarkan gelar kreativitas yang menarik. Stand ilmu pengetahuan dan teknologi cukup menambah wawasan. Begitu juga beberapa yang lain.

Tadi siang saya ke sana bersama Netta dan Fella. Alih-alih bikin anak senang, saya justru bikin mereka manyun akibat banyak menggeleng.

Sangat disayangkan pameran didominasi stand permainan yang mengharuskan kita membeli produk seharga tertentu, untuk bisa main. Anak-anak jadi tergoda untuk konsumtif dan merengek minta dibelikan produk yang sebetulnya tidak diperlukan bahkan tidak baik jika dikonsumsi terlalu banyak. Untuk vitamin, susu, sereal sarapan dan produk kosmetik anak yang ngga akan langsung dihabiskan mungkin ngga masalah. Tapi bagaimana denggan produk permen atau snack ringan yang sarat MSG.

Saya sudah selesai belanja bulanan, tidak ada lagi budget untuk nambah susu dll. Sehingga dengan sedih saya harus menolak keinginan anak main di stand ini dan itu. Saya katakan, sayang kalau uang kita yang Alhamdilillah ngga banyak dibelikan hal yang ga manfaat. Hampir semua stand membuat kita harus merogoh kocek. Hanya sedikit yang tidak. Akhirnya kami hanya jalan-jalan dan menikmati sampel gratis yang memang hak kami karena masuk arena tiap pengunjung kena tiket 10 ribu.

Walhasil belum dua jam di sana saya ajak mereka pergi. Daripada ga bisa belanja di sini, mending kita ke bookfair. Cari buku yang bagus dan murah, jadi kita bisa beli banyak. Untung anak-anak saya begitu cinta buku, dan menganggap tawaran saya menarik.

Alhamdulillah, baru masuk sudah ketemu stand Syaamil kid, yang obral buku 5 rb dan 10 rb an. Seri KKPK dari Mizan dapat diskon 20%, senyum Netta pun mengembang. Dia dapat 3 buku. Fella dapat 4 buku Syamiil yang dipilihnya sendiri. Saya juga memilihkan beberapa buku tentang Rukun Islam untuk anak dan 4 buku untuk 2 jagoan di rumah. Untuk saya sendiri…? Seperti biasa, berkat anggaran yang banyak dipake anak, bundanya Cuma kebagian dikit. Saya beli buku tentang Be Your Own Doctor : Tubuh Anda adalah Dokter yang Terbaik karangan DR. Husen A. Bajry,M.D, Ph.d. Dan satu buku obralan tentang e-book, menerbitkan buku sendiri (sepertinya relevan dengan cita-cita yang terpendam).

Senangnya belanja buku. Sayang mereka tidak menjual buku yang sedang saya cari, dari Ayah Edy. Seandainya dana untuk beli buku bisa tak terbatas…

So, kalo weekend ini ngga ada acara sok deh ngintip ke sana mereka ada sampai tanggal 5 Juli. Tapi bijaklah atur prioritas, semoga bermanfaat.

Get Smarter Everyday…!
Sumber: Smart Parenting (Forum Komunikasi Ortu Cerdas) I >

1 komentar:

  1. Saya baru mau kesana hari ini nih. Katanya hari ini terakhir (4 Juli.) Terima kasih atas infonya Pak/Bu.

    BalasHapus